BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Objek
Penelitian
Dalam
menulis penulisan ilmiah ini penulis mengambil objek tentang pasar swalayan ,
karena penulis merasa ingin tau seberapa besar tingkat kepuasan konsumen
terhadap pelayanan yang diberikan oleh swalayan di beberapa daerah. Maka dalam
penulisan ini penulis menganalisis hal tersebut dan menjelaskan tingkat
kepuasan konsumen.
3.2 Data / Variabel
Data yang digunakan dalam
penelitian ini dibagi menjadi dua bagian, antara lain :
a. Data Primer
Data yang diperoleh dari
perusahaan secara langsung dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan
pegawai toko dari minimarket tersebut dan penyebaran kuisioner yang diberikan
kepada 50 konsumen yang datang berbelanja.
b. Data Sekunder
Data sekunder didapatkan
secara tidak langsung melalui studi pustaka dimana pengambilan data ini
dimaksudkan untuk mendapatkan data-data yang mendukung penulisan ini yang tidak
diperoleh dari perusahaan.
3.3 Metode Pengumpulan Data / Variabel
Penulis menggunakan tiga cara
pengumpulan data yang dibutuhkan untuk penulisan ini :
a.Observasi
yaitu mengadakan secara langsung aktivitas kegiatan perusahaan.
b.Wawancara
yaitu dengan cara mendatangkan dan mewawancarai langsung pihak perusahaan yang
bersangkutan.
c.Kuisioner
yaitu data yang didapat berdasarkan dari sebaran daftar pertanyaan yang diberikan
kepada 50 responden, yaitu para konsumen yang berbelanja pada supermarket tersebut.
3.4 Hipotesis
Ho : Konsumen merasa tidak
puas terhadap pelayanan yang diberikan supermarket.
Ha : Konsumen merasa puas
terhadap pelayanan yang diberikan supermarket.
3.5 Alat Analisis Yang Digunakan
Adapun cara yang penulis
gunakan untuk menganalsis data yaitu dengan menggunakan Skala Likert dan Metode
Chi Square.
3.6 Model Penelitian
Tingkat kepuasan konsumen berdasarkan analisis
dari kelima dimensi, dimensi kehandalan mempunyai X2 hitung =
106,85, dimensi daya tangkap mempunyai X2 hitung = 48,72, dimensi
kepastian X2 hitung = 50,64, dimensi perhatian mempunyai X2
hitung 56,88, dan dimensi bukti wujud dengan X2 hitung = 107,32.
Dari analisis yang dilakukan terhadap kualitas
pelayanan terlihat baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan
menggunakan Chi Square X2 hitung = 342,885 yang berarti Terima Ha, begitu juga
dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Skala Likert sama yaitu Terima Ha.
Ini berarti konsumen secara umum telah merasa puas dilihat dari tingkat
kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan dengan melihat 5 dimensi
yaitu dimensi kehandalan, daya tangkap, kepastian, perhatian, dan bukti fisik
yang ada. Dengan memiliki tingkat kesesuaian lebih dari 90% (95,18%). Sehingga
pelayanan yang diberikan secara umum sesuai dengan harapan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar